media dan sumber belajarnya sugianti bisri

Memanfaatkan Aplikasi Smatrphone untuk Menulis Pantun

Sugianti Bisri | Rabu, Oktober 05, 2016 |
Siswa mengamati beberapa contoh pantun dari buku atau aplikasi android yang ada di smartphone masing-masing kelompok, kemudian mereka  bersiskusi untuk menemukan ciri-ciri pantun dan bagaimana menulis sebuah pantun yang benar. Yaitu dengan menentukan isinya terlebih dahulu, baru membuat sampirannya yang cocok sesuai dengan persyaratan. 
Guru bersama siswa menemukan ciri-ciri pantun


Selanjutnya siswa diminta membuat satu contoh pantun sesuai kriteria yang ada. Nah, saat membuat pantun ini anak kita tanya apa kesulitannya? Sebagian besar dari mereka menemui kesulitan saat membuat sampirannya.
  

Contoh pantun yang dibuat guru


Contoh Pantun Yang dibuat Guru Hasilnya sangat bervariasi, ada sebagian dari mereka yang menulis  pantun dari hasil pemikirannya sendiri, ada juga yang mencontoh dan mengedit dari pantun yang sudah ada karena mereka kesulitan menemukan ide,katanya.  



Pantun yang dibuat oleh siswa, tapi ini masih tahap meniru dan mengedit pantun yang sudah jadi


Contoh pantun yang dibuat siswa Dari pantun yang mereka tulis, saya ajarkan cara membuat menulis pantun dengan aplikasi komic kreator agar hasilnya lebih menarik. Selain isinya, pembaca juga bisa dibuat dimanjakan dengan gambar-gambar yang lucu.   Gambar yang dijadikan latar belakang boleh dari gambar yang tersedia dalam aplikasi tersebut dan disesuaikan dengan isi pantunnya atau mereka mengambil gambar sendiri dari koleksi foto yang mereka miliki.  Latar belakang komik tersebut diusahakan dapat mendeskripsikan jenis pantun yang mereka tulis.


Contoh Pantun yang ditulis siswa


Tujuan dari teknik pembelajaran ini bukan sekadar memanfaatkan aplikasi android sebagai alat maupun media pembelajaran tetapi lebih pada upaya mengedukasi para siswa akan pemanfaatan teknologi untuk hal-hal yang mempunyai nilai positif. 
Ini juga termasuk pantun, lebih tepatnya disebut karmina


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/www.sugiantibisri.blogsot.com/memanfaatkan-aplikasi-smarphone-untuk-menulis-pantun_57f5ac5ec423bd740623d6d1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar