media dan sumber belajarnya sugianti bisri

Sinopsis Novel Koala Kumal

Sugianti Bisri | Minggu, Januari 24, 2016 |
Sinopsis Novel
(Rahma Atridayana)


Judul                          : Koala Kumal
Pengarang                  : Raditya Dika
Penerbit                     : Gagasmedia
Jumlah halaman         : 250 hlm
Sinopsis Novel          :

                Singkat saja review saya kali ini. Buku koala komal adalah buku ke tujuh  yang ditulis oleh Raditya Dika yang terbit pada tanggal 17 januari 2015. Seperti buku-buku sebelumnya, Raditya Dika  masih mengusung tema komedi dan cerita nyata dari kehidupannya yang absurd.
        Isi dari buku Koala Kumal sendiri dibagi menjadi 12 bab. Beberapa bab menceritakan satu tema yang sama yaitu tentang “patah hati”. Mulai dari patah hati dengan sahabat, patah hati dengan orang tanpa nama, dan patah hati yang lainnya.
        Raditya Dika sendiri mendapat ide judul buku ketujuhnya ini “koala kumal” ketika dia mendapatkan salah satu foto seekor koala yang tinggal di Australia. Koala tersebut mulanya bermigrasi dari hutan tempat tinggalnya menuju hutan lain. Beberapa bulan kemudian, koala tersebut kembali ke hutan tempat tinggalnya. Namun ternyata selama ia pergi, hutan tempat tinggalnya itu telah ditebang dan menjadi rata oleh tanah. Si koala pun kebingungan kenapa tempat tinggalnya tidak seperti dulu.
        Sama seperti cerita koala tersebut, Raditya Dika dalam buku Koala Kumal juga menceritakan beberapa cerita pengalaman hidupnya yang sama persis seperti nasib koala tersebut. Baik dalam percintaan, pertemanan, dan juga tentang sebuah tempat-tempat tertentu.
        Di bab pertama berjudul Ada Jangwe di Kepalaku, Radit bercerita tentang masa kecilnya waktu masih SD. Radit yang awalnya adalah bocah SD yang tidak mempunyai teman lalu bertemu dengan dua teman kecilnya yang sama-sama absurdnya. Pertemanan mereka berjalan dengan menyenangkan layaknya pertemanan anak-anak kecil pada umumnya. Namun seiring dengan berjalannya pertemanan mereka, ada sebuah perselisihan yang membuat mereka bertiga akhirnya harus berpisah.
        Balada Lelaki Tomboi adalah bab yang akhirnya menceritakan cerita tentang patah hati yang dialami oleh Radit. Di dalam bab  tersebut ceritanya Radit sedang berkenalan dengan seorang cewek yang tomboi dan jago main tombak. Radit pun berubah total semenjak kedekatannya dengan cewek tomboi tersebut. Namun ternyata, ujung dari kedekatan itu sama sekali tidak seperti yang diharapkan.
        Selanjutnya, Kucing Story. Ini adalahbab dimana sosok Raditya Dika yang kesepian berusaha untuk mencari hewan yang cocok untuk dipelihara. Akhirnya dia pun setuju untuk memelihara kucing. Di bab ini akan diceritakan tentang bagaimana usaha Radit untuk menemukan kucing yang tepat.
        LB. Awalnya gue juga penasaran apa itu LB. Tapi setelah gue baca bab ini secara keseluruhan, dalam hati gue langsung berkata “ohh, LB itu ternyata...”. Dalam bab ini Radit akan menceritakan pengalamannya berkenalan dengan cewek via internet, atau lebih tepatnya melalui aplikasi tinder. Setelah basa-basi sedikit dengan cewek tersebut, mereka berdua pun sepakat untuk betemu. Ternyata, pertemuan tersebut sangat berbeda dengan apa yang diharapkan oleh Radit. Cewek yang ditemui oleh Radit ternyata juga berbeda. Perempuan Tanpa Nama. Dalam bab ini, Radit kembali menceritakan pengalaman patah hatinya. Namun kali ini patah hati yang dialami oleh Radit tidak disebabkan oleh mantan, pacar,  ataupun gebetan. Tapi patah hati yang tidak biasa, yaitu disebabkan oleh perempuan tanpa nama. Maksudnya disini bukan perempuan-perempuan tersebut tidak mempunyai nama, tetapi Radit pernah menyukai seseorang perempuan tapi dia tidak berani atau lebih tepatnya tidak bejo dalam memeroleh nama perempuan-perempuan tersebut. Bab selanjutnya dengan judul Menciptakan Miko, adalah bab yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dalam menciptakan serial Malam Minggu Miko mulai dari awal sampai serial tersebut difilmkan. Banyak sekali manis dan pahit yang dialami oleh Radit dalam menciptakan karya Malam Minggu Miko tersebut. Namun, dari bab ini kita akan bisa mengetahui bahwa sesuatu yang besar memang dimulai dari hal yang kecil. Dan Raditya Dika telah membuktikannya.
        Bab selanjutnya berjudul Lebih Seram dari Jurit Malam. Gue agak sedikit kesulitan untuk menceritakan bab ini. Intinya bab ini menceritakan pengalaman Raditya Dika sewaktu SMP yang dikerjain oleh senior ketika mengikuti pelantikan. Dua tahun kemudian Radit dan teman-temannya pun telah menjadi senior dan berniat balas dendam untuk ngerjain para junior yang mengikuti pelantikan pada saat itu. Namun, lagi-lagi ada kejadian absurd yang terjadi ditengah hutan ketika pelantikan berlangsung. Dari kejadian tersebut, si Radit tidak sengaja menorehkan rasa kepada salah satu adik kelasnya.
        Patah Hati Terhebat adalah bab yang paling bikin gue galau. Disitu Raditya Dika menceritakan pengalaman cinta dari seorang temannya. Gue ga bisa jelasin ceritanya, tapi yang jelas cerita dari teman ceweknya Radit tersebut berhasil membuat gue terkejut. Namun dari kejadian itu, temen cewek yang bernama Trisna tersebut telah belajar sebuah pelajaran penting dari patah hati yang dia alami. Yang tentunya mengubah cara pandangnya terhadap cinta.
        Bab kesebelas berjudul Aku Ketemu Orang Lain. Bab ini menceritakan tentang pengalaman Radit berhubungan jarak jauh dengan pacarnya waktu itu. Awalnya hubungan mereka berdua berjalan baik-baik saja. Tapi seiring berjalannya waktu, seperti hubungan relationship pada umumnya yang kemungkinan besar akan gagal, si cewek akhirnya ketemu dengan seseorang. Dan disitulah Raditya Dika kembali mengalami patah hati terhebatnya.
        Bab terakhir berjudul Koala Kumal. Buku ini ada kaitannya dengan bab sebelumnya. Disini Radit menceritakan tentang pertemuannya kembali dengan mantan pacarnya yang telah membuat dia mengalami patah hati yang terhebat. Mantannya mengaku menyesal telah memutuskannya  dahulu dan menceritakan bahwa dia yang sekarang sudah beda. Tapi mendengarkan penyesalan tersebut, Radit pun justru malah menanggapi dengan cara yang berbeda. Cara yang lebih dewasa. Itulah rangkuman singkat dari beberapa bab yang ditulis di buku Koala Kumal.
“Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandang dia terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia melihat cinta akan berbeda semenjak patah hati itu. Yang jelas, orang setelah mengalami patah hati hebat akan berubah. Kadang perubahannya buruk banget, kayak gue yang gak bisa pacaran lagi. Kadang perubahannya membuat mereka jadi homo atau lesbian. Kadang perubahannya gak terlalu dahsyat, kayak misalnya mereka jadi gak gampang percaya sama orang. Tapi yang jelas mereka berubah.”





1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/instagram-kini-tampilkan-last-seen.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/mengapa-sedihnya-putus-cinta-bisa-bikin.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/kapolda-sumut-hibur-bocah-yang-ditanam.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus