Laman

Sinopsis Novel Putri-Putri Teladan

sinopsis novel
(Siti Aisyah)


judul                  : putri - putri teladan
pengarang          : majdi fathi sayyid
penerbit              : al-jannah
jumlah halaman : 290 halaman
sinopsis :

           mengisahkan tentang anak rasulullah saw,kehidupan empat putri rasulullah.
 nabi muhammad saw dikaruniai empat orang putri. mereka adalah zainab,ruqayyah,ummu kultsum dan fatimah. para ulama berbeda pendapat dalam menentukan siapakah yang paling besar diantara mereka? dan pendapat terkuat[raajih] adalah yang mengatakan bahwa zainab adalah putri beliau yang paling besar , sedangkan yang paling kecil adalah fatimah. mereka terlahir dari seorang ibu yang mulia dan sahabat yang utama, khadijah binti  khuwailid radhiyallahu’anha. kesemua anak perempuan ini,telah memeluk islam dan turut berhijrah ke madinah.mereka semuanya meninggal pada saat rasulullah masih hidup, kecuali fatimah az-zahra putri bungsunya , yang meninggal beberapa bulan setelah nabi saw wafat.
kita akan berkenalan dengan putri dengan putri sulung rasulullah saw yang telah mencium bau harum kenabian,risalah,keimanan dan islam yaitu;
              zainab binti rasulullah putri terbesar bersama rasulullah ia adalah zainab radhiyallahu’anha. ia dilahirkan ketika nabi muhammad saw berusia 30 tahun .ia meenikah dengan abul’ash bin ar-rabi’,anak dari bibinya hallah binti khuwailid yang mana jika ia kerumahnya,nabi sangat senang dengan kedatangannya.
           ruqayyah binti rasulullah saw ia adalah putri rasulullah yang kedua yaitu seorang putri yang ada disekelilingi rasulullah saw. ruqayyah dilahirkan,pada saat nabi muhammad saw,menginjak usia 33 tahun. ia hidup didalam rumahh kenabian dan berakhlak dengan akhlak rasulullah saw.ketika ruqayyah telah tumbuh dewasa,nabi muhammad saw menikahinya denan utaibah bin abi lahab.
           ummu kultsum binti rasulullah ia adalah putri rasulullah yang ketiga, yang termasuk salah seorang sahabat perempuan yang paling mulia,satu diantara banyak yang tumbuh disekelilingi rasulullah saw.rasulullah menikahi beliau dengan utsman bin affan.
           fatimah binti rasulullah saw adalah putri rasulullah yang keempat atau terakhir sekaligus penutup para nabi dan rasul. ibunya khadijah binti khuwailid radhiyallahu’anha pemimpin para wanita disurga. fatimah dilahirkan beberapa tahun sebelum ayahnya diutus menjadi nabi.  sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa fatimah dilahirkan 5 tahun sebelum ayahnya diutus menjadi nabi. ia adalah putri yang paling dicintai rasulullah sangat mirip dengan rasulullah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar