Laman

Contoh Teks Eksposisi

Pembelajaran Berbasis Teks
Jenis Teks       : Eksposisi
Buku Sumber  : Sastra Lisan Minangkabau
                          Tradisi Pasambahan Pada Upacara
                          Kematian Depdikbud, 1989.

Pernyataan Pendapat
Sudah dipastikan bahwa semua mahluk yang bernyawa pasti mati. Mati adalah kepastian sedangkan hidup adalah pilihan. Akan tetapi banyak orang yang masih meragukan dengan kematian. Kematian tidak dapat diwakilkan dan dibayarkan. Apapun pangkat, derajat dan kedudukannya pasti akan berjumpa dengan kematian.

Argumentasi
Betul bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti, tidak diragukan dan tidak terbantahkan lagi. Oleh karena itu sebelum kematian datang harus disiapkan dengan sebaik-baiknya agar semua yang telah dilakukan dapat dipertanggungjawabkan di akhirat dengan semudah-mudahnya. Upacara kematian adalah bentuk tradisi masyarakat yang telah dilakukan secara turun-temurun dan masih berkembang sampai saat ini. Masing-masing daerah memiliki adat tersendiri untuk melakukan upacara kematian. Di Minangkabau salah satu bentuk upacara kematian yang sudah lazim yaitu tradisi pasambahan. Tradisi pasambahan kematian dilaksanakan berdasarkan adat dan nilai-nilai agama. Nilai-nilai yang di gunakan dalam adat minangkabau masih menggunakan nilai-nilai agama Islam. Tradisi upacara kematian yang dilakukan di Minangkabau di antaranya yaitu :
a. Suasana di Rumah duka
b. Keadan rumah
c. Suasana duka
d. Kegiatan upacara
e. Membunyikan tabuh
f. Kedatangan Induk Bako
g. Memandikan mayat
h. Mengafani mayat
i. Menhyembahyangkan mayat
j. Pidato melepas jenazah
k. Penguburan
l. Berdoa di kubur

Pernyataan ulang
Dengan demikian jelaslah bahwa manusia pasti akan mati. Oleh karena itu perlu penanganan yang baik seperti asalnya bahwa manusia dari tanah dan akan kembali ke tanah. Tradisi pasambahan kematian di Minangkabau hanya sebagian kecil dari bentuk upacara kematian yang ada di Indonesia dalam menangani upacara kematian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar