Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas VII/1
(RPP 1 dan 2)
(RPP 1 dan 2)
Standar
Kompetensi
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita.
Kompetensi Dasar
1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat.
Indikator
1. Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan.
2. Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
3. Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat.
Mengenali Isi Berita
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita.
Kompetensi Dasar
1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat.
Indikator
1. Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan.
2. Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
3. Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat.
Mengenali Isi Berita
Apakah kalian pernah membaca atau mendengarkan berita? Di
rumah, sekolah atau di tempat lain ,banyak media yang menyajikan teks berita.
misalnya: Televisi,radio,aplikasi HP android yang memuat berita di jejaring social
seperti FB,Twiter, Blogger,atau langganan media online lainnya.Tiap hari begitu
banyak informasi yang disampaikan melalui berita. Sebagian orang menjadi pusing
mendengarkan berita karena begitu banyak informasi yang harus dipahami.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Unsur-unsur sebuah berita adalah sebagai berikut.
1. What (apa yang terjadi)?
2. When (kapan terjadinya)?
3. Where (di mana terjadinya)?
4. Why (mengapa terjadi)?
5. Who (siapa yang terlibat dalam peristiwa itu)?
6. How (Bagaimana terjadinya peristiwa itu?
Keenam pertanyaan di atas biasa disebut 5W+1H. Untuk memahami lebih mendalam tentang pokok berita, perhatikan contoh berikut ini.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
membantah jika ada pemberitahuan bahwa Rusunawa Marunda di Cilincing, Jakarta
Utara sudah habis stock. Menurutnya masih ada 1.000 lebih rusun yang tersedia
untuk warga."Rusun Marunda sudah abis stok? Kata siapa? Nggak kok.
Masih ada lebih kok," ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (29/5).Ahok
memaparkan tersedianya rusunawa itu tergantung dari siapa yang meminta. Jika
yang akan menempati rusunawa ialah pemilik toko yang ingin dibuat indekos atau
disewa ke tangan kedua tentu dirinya mengungkapkan tidak akan diberikan. Sebab
mereka tidak berhak mendapatkannya.
"Saya sudah pengalaman menangani mereka yang seperti itu. Ngomong aja dulu enggak apa-apa. Yang engga punya rumah saya baru masukin, yang buat sewa-sewain nggak. Masih ada seribu lebih rusun yang sudah siap," jelasnya.Dirinya menjelaskan ingin mengetahui siapa yang benar-benar sudah dapat. "Kaya Monas? Saya usul semua anggota DPRD datang, semua wartawan juga datang suruh PKL tunjukan KTO DKI. Coba cek mereka yang jualan jualan kopi, KTP madura yang lebih banyak di Monas. Nah ini yang akan saya coba di rusunawa. Saya ingin mengetahui siapa yang benar-benar boleh menghuni," tutupnya. (Merdeka.com,Jumat,29/5/2015)
"Saya sudah pengalaman menangani mereka yang seperti itu. Ngomong aja dulu enggak apa-apa. Yang engga punya rumah saya baru masukin, yang buat sewa-sewain nggak. Masih ada seribu lebih rusun yang sudah siap," jelasnya.Dirinya menjelaskan ingin mengetahui siapa yang benar-benar sudah dapat. "Kaya Monas? Saya usul semua anggota DPRD datang, semua wartawan juga datang suruh PKL tunjukan KTO DKI. Coba cek mereka yang jualan jualan kopi, KTP madura yang lebih banyak di Monas. Nah ini yang akan saya coba di rusunawa. Saya ingin mengetahui siapa yang benar-benar boleh menghuni," tutupnya. (Merdeka.com,Jumat,29/5/2015)
Pokok
berita tersebut adalah
1. What/apa : Rusunawa Maruda
2. Where/di mana : Balai Kora
1. What/apa : Rusunawa Maruda
2. Where/di mana : Balai Kora
3. When/kapan
: Jumat,29 Mei 2015
4. Who/siapa
: Gubernur DKI Jakarta
5. Why/mengapa
: Membantah stock Rusunawa habis
6. How/bagaimana : Rusunawa tersedia tergantung dari siapa yang meminta
Menyimpulkan isi berita ke dalam beberapa kalimat!
6. How/bagaimana : Rusunawa tersedia tergantung dari siapa yang meminta
Menyimpulkan isi berita ke dalam beberapa kalimat!
Apa
yang sudah disebut dalam pokok-pokok berita di atas,dapat dijadikan kesimpulan
berita. Asalkan ketika kamu tulis ke dalam beberapa kalimat menjadi urutan
pokok berita yang padu. Bukan sesuatu yang sulit bukan? Pasti kamu bisa!
Misalnya kamu menemukan pokok berita berikut ini.
1. What/apa : Seorang pria melahirkan bayi perempuan.
2. Where/di mana : Peristiwa itu terjadi di Bend, Oregon, AS.
3. When/kapan : Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat tanggal 4 mei 2015.
4. Who/siapa : Peristiwa itu dialami oleh Thomas Beatie.
5. Why/mengapa : Beatie ternyata seorang pria transgender.
6. How/bagaimana : Tidak dijelaskan ia bersalin secara normal atau operasi caesar.
Pokok berita tersebut bisa disusun menjadi beberapa kalimat yang padu sebagai isi sekaligus kesimpulan sebuah berita. Hasilnya adalah berikut ini. Thomas Beatie, pria asal Amerika Serikat telah melahirkan anak pada hari Jumat, 4 Mei 2015. Thomas Beatie bisa melahirkan karena ia adalah seorang transgender. Hanya sayang tidak dijelaskan ia bersalin secara normal atau melalui operasi caesar.
Misalnya kamu menemukan pokok berita berikut ini.
1. What/apa : Seorang pria melahirkan bayi perempuan.
2. Where/di mana : Peristiwa itu terjadi di Bend, Oregon, AS.
3. When/kapan : Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat tanggal 4 mei 2015.
4. Who/siapa : Peristiwa itu dialami oleh Thomas Beatie.
5. Why/mengapa : Beatie ternyata seorang pria transgender.
6. How/bagaimana : Tidak dijelaskan ia bersalin secara normal atau operasi caesar.
Pokok berita tersebut bisa disusun menjadi beberapa kalimat yang padu sebagai isi sekaligus kesimpulan sebuah berita. Hasilnya adalah berikut ini. Thomas Beatie, pria asal Amerika Serikat telah melahirkan anak pada hari Jumat, 4 Mei 2015. Thomas Beatie bisa melahirkan karena ia adalah seorang transgender. Hanya sayang tidak dijelaskan ia bersalin secara normal atau melalui operasi caesar.
C.
Bermain pesan berantai (10 menit)
1.
Guru mengajak siswa berdiri secara perkelompok (2 atau 3 orang) untuk bermain
menyampaikan
pesan berantai
2. Guru
menyanpaikan berita ke siswa ke 1 (pesan di tulis ulang di kertas)
3.
Siswa ke 1 mengulang berita yang sama ke siswa ke 2, selanjutnya siswa ke 2
menyampaikan berita yang di terima dari siswa
ke 3
4.
Siswa ke 3 menyampaikan berita yang diterima dengan suara yang keras di depan
Kelas.
Selanjutya diikuti siswa ke 2 dan ke 1
5.
Guru membacakan sumber berita asli
6.
Siswa menyimpulkan permainan,apakah pesan berantai yang disampaikan siswa 1
sampai siswa ke 3 mempunyai inti berita
yang sama dan memiliki kelengkapan
pokok-pokok berita yang di sampaikan
Latihan
Soal
I. Jawablah
Pertanyaan di Bawah ini!
Contoh
Teks Berita 1
Selamat
siang,
Semakin
sempitnya lahan mendorong beberapa ilmuwan di Jepang mencoba mencari solusinya.
Mereka membuat teknonologi pertanian yang memungkinkan orang menanam padi di
lantai bawah tanah gedung bertingkat. Teknologi pertanian itu dikembangkan oleh
sebuah perusahaan pertanian bernama Pasona O2.Salah satu lahan pertanian yang
mereka kelola adalah lantai bawah tanah Gedung Otemachi Namura yang terletak di
tengah Kota Tokyo yang padat.
Sistem pertanian tersebut menggunakan media air.
Peneranganya menggunakan lampu pijar khusus. Cahaya, air, dan kelembaban
udaranya di atur oleh komputer. Pasona O2 telah menemukan solusi mengatasi
sempitnya lahan pertanian.Selain itu,juga dimaksudkan sebagai bentuk kampanye
pengenalan kembali profesi petani bagi warga Jepang. Dikutip dari: Bahasa
Indonesia BSE, Hal 62 ,April 2008 4
a.Tentukan
pokok-pokok berita di atas!
1.
Apa? …………………..
2.
Kapan? ………………
3.
Di mana? ……………..
4. Siapa?
…………………
5.
Mengapa? ………………..
6.
Bagaimana? ……………………
b.
Tulis Kembali pokok-pokok berita di atas menjadi satu paragraph dengan bahasamu
sendiri.
II. Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat!
1.Kalimat yang digunakan dalam teks berita
adalah . . .
a.
Efektif c.
Bergaya bahasa
b.
Ambigu d.
konotatif
2.Berikut hal – hal yang perlu
diperhatikan seorang pembaca naskah berita,kecuali . . . .
a. memahami satuan struktur bahasa
b. menepatkan jeda secara tepat
c. menggunakan lafal yang jelas
d.
menghafal teks sebelum di bacakan
3.Saat membaca naskah berita sebaiknya
suara kita . . . .
a. Lemah agar tidak cepat lelah
b. Menurut selera kita
c.
Disesuaikan dengan tempat dan jumlah pendengar
d. Sekeras mungkin agar jelas
didengar
4.Agar dapat memahami pokok-pokok
permasalahan yang disimak, sambil menyimak kita dapat. . .
a. Menghafal semua kalimat yang disimak
b.
Mencatat pokok permasalahan yang di simak
c. Menulis semua hal yang di simak
d. mendengarkan sambil menulis
5. Pembacaan naskah berita yang tidak
tepat adalah . . .
a.
pengunaan mimic yang berlebihan
b. menggunkan tekanan yang tepat.
c. membaca naskah berita dengan jelas
d. tatapan mata lurus kedepan
6. “ Selamat pagi para pendegar di manapun
anda berada”
Kalimat sapaan di atas di bacakan oleh
penyiar . . .
a.
radio
b. koran
c. internet
d. televisi
7.Meliput sebuah peristriwa yang sedang
terjadi serta memberikan informasi tentang kebenaran pada public adalah tugas .
. .
a.
jurnalis
b.wartawan
c. pembaca berita
d. penyiar radio
8. Fungsi fakta dalam berita untuk. . .
a. menguatakan kebenaran informasi dalam berita
b. menunjukan kinerja para wartawan
pembuat berita
c. memengaruhi pembaca agar percaya
pada isi berita
d. penguatkan dokumentasi yang
termuat dalam berita
9. Berikut yang bukan termasuk ciri berita
adalah . . .
a. stuktur bahasa tepat dan mudah di
mengerti
b. diksi tepat dan tidak ambigu
c. menarik perhatian
d. bahasa segar dan hidup
10. Berikut ini adalah siaran berita yang
di tayangkan media televise,kecuali
a. Liputan 6 Petang
b. Buletin Siang
c. Indonesia Morning Show
d.
Ini Talk Show
Tidak ada komentar:
Posting Komentar