Laman

contoh soal Teks Observasi

                                                            Ulangan Harian 1

                                       Mata Pelajara       : Bahasa Indonesia
                                       Kelas/Semester    : VII/1
                                       Tema                   : Teks Observasi
                                       Guru Bidang Studi : Sugianti,S.Pd



Baca dan cermati teks berikut,kemudian jawablah pertanyaan no 1,2,dan 3!

SAMPAH
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia.  Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya.
Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable. Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

1.Identifikasikanlah bagian-bagian teks tersebut ke dalam teks laporan hasil observasi dengan mencari definisi umum,definisi bagian,dan definisi fungsiny

NO
Struktur Teks
Kalimat
1
Definisi umum
…………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………
2
Definisi bagian
……………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………..
3
Definisi fungsi
…………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………….



2.Isilah kata-kata dalam table di bawah ini berdasarkan teks di atas?

NO
Kata Ulang
Kata Kerja
Kata Sifat
Kata Benda
Konjungsi
1.





2.





3.





4.





5.






3.Tentukan kalimat utama dan ide pokok pada masing-masing paragraf!
    a. Kalimat utama paragraf 1……………………………………………………………………………………
        Ide Pokok…………………………………………………………………………………………………….
    b. Kalimat utama paragraph 2……………………………………………………………………………..
        Ide pokok…………………………………………………………………………………………………………

4.Identifikasikanlah 5 kata berimbuhan yang terdapat dalam teks dan jangan lupa kamu   uraikan juga proses pembentukan katanya!
NO
Proses Pembentukan Kata
Bentukan Kata
1.


2.


3.


4.


5.



5. Bacalah sinopsis legenda berikut,kemudian tentukan :
 ASAL-USUL BANYUWANGI
Dahulu ada salah satu Raja bernama Prabu Sulakrama,dia mempunyai seorang patih yang bernama Raden Sidopekso.Sidopekso mempunyai seorang yang sangat cantik sehingga Raja Sulakrama jatuh hati pada Sritanjung.Agar raja dapat menggoda Sritanjung,Raja menyuruh Sang Patih menjalankan perintahnya yang kira-kira membutuhkan waktu yang cukup lama.
Selama Sidopekso pergi,raja mencari cara agr dirinya bisa menggoda Sri Tanjung.Namun ternyata keinginannya tersebut tidak terlaksana.Ketika Raden Sidopekso telah selesai menjalankan tugasnya,dia segera menemui raja.raja sangat marah karena keiginannya tidak dapat terpenuhi.Sang raja memfitnah Sritanjung bahwa selama Sidopekso pergi Sritanjung main serong dengan orang lain.Mendengar itu Sidopekso segra pulang ke rumahnya.Di rumahnya Sidopekso tidak bisa membendung amarahnya pada Sritanjung.Dia menuduh Sritanjung menghianati dirinya.Sritanjung mencoba menjelaskan sebenarnya yang terjadi.Namun Sidopekso mengelaknya dan berniat membunuh Sritanjung.
Sritanjung di bawa olehnya ke pinggir sungai.Dengan rasa mensal,Sritanjung mencoba menceritakan hal yang sebenarnya terjadi dan menolak tuduhan suaminya.Namun mendengar kata-kata istrinya, amarah Sidopekso semakin berkobar.Untuk mencoba membuktikan rasa setianya pada suaminya,Sritanjung meminta agar Sidopekso membunuhnya.Permintaan terakhirnya adalah agar jasadnya di hanyutkan ke sungai yang keruh.Dia berpesan apabila air sungai tersebut berbau amis,maka benar bahwa dia telah melakukan kesalahan.
Patih Sidopeksi tak dapat lagi membendung amarahnya,dia langsung menancapkan kerisnya ke dada Sritanjung,seketika itu Sritanjung meninggal.Lalu mayad Sritanjung segera di tenggelamkan ke sungai.Setelah beberapa saat Sidopekso sangat kaget,air yang tadinya keruh beruah menjadi bening seperti kaca.Selain itu air tersebut menyebarkan bau harum.Merasakan itu Sidopekso sangat menyesal dengan apa yang telah di perbuatnya pada Sritanjung.Dia marah-marah pada dirinya sendiri sambil berteriak-teriak layaknya orang gila.Dia berjalan sempoyongan dan akhirnya tercebur ke pinggir sungai.Tanpa tersa Sidopekso mengucapkan Banyuwangi……. Banyuwangi…… Banyuwangi……….. Hingga akhirnya orang-orang menamai daerahnya BANYUWANGI.
a.Nilai kemanusian yang ada dalam sinopsis legenda tersebut adalah……….
b.Karakter tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut adalah:
   1. …………
   2. ………..
   3. ………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar