media dan sumber belajarnya sugianti bisri

Ada apa dengan Blog dan Goblog

Sugianti Bisri | Sabtu, Maret 21, 2015 |
Tulisan ini sharing pengalaman pribadi saja kok!

Saat kejenuhan menjalani aktivitas pekerjaan,alhamdulilah saya dipertemukan dengan orang-orang yang mempunyai semangat yang tinggi dalam memajukan pendidikan seperti bapak Wijaya Kusuma,ustad Namin AB Ibnu Solihin yang sebelumnya hanya bertegur sapa di Face Book dan bapak Dedy Dwita Gama yang baru bertemu langsung saat seminar di Wisma UNJ, mereka iklas berbagi ilmu yang dimiliki dengan mengadakan pelatihan-pelatihan gratis.Pertemanan yang bermula dari media sosial itu,tak disangka bisa menumbuhkan semangat yang baru dalam diri saya. Menjawab kebosanan dan menginspirasi sekali untuk memperbaiki kwalitas diri sebagai pendidik.

Keinginan saya untuk berbuat sesuatu yang lebih terhadap anak didik saya mulai terjawab. Saya ingin menjadi pengajar sekaligus pendidik yang bermanfaat buat mereka,insya Allah. Berkat mereka saya tau apa itu Blog? He...he....hellooooo Sugianti,selama ini kamu kemana aja?

Saya kira,saya bukan satu-satunya guru yang baru mengenal istilah itu, terbukti disekolah nun jauh disana.....Blog juga sesuatu yang masih asing, sejenis makanan ringankah,mode pakaian terbarukah,atau kaplingan rumah yang baru louncing? He....he......disini saya merasa senang,karena kekatrog'an saya juga dialami banyak rekan sejawat di luar sana. (bukan pembelaan loh)

Untuk itu.walau terkesan sedikit basi,saya akan sedikit share di teras saya ini,mungkin saja pembaca yang masih katrog seperti saya ini juga mengenal apa itu blog dan manfaatnya untuk bidang pekerjaan yang mereka tekuni.

Apa itu Blog?
Blog merupakan teks dokumen,gambar,obyek media,atau data yang tersusun secara rapi menurut urutan krologi tertentu yang terpublikasi dan dapat dilihat oleh umum melalui jaringan internet. Blog biasanya berisi catatan atau jurnal pribadi. Saat ini banyak sekali skin blog gratis yang bisa kita manfaatkan seperti: blogspot,google plus,wordpress,multiply,atau yang lainnya

Manfaat Blog bagi Guru
1.Perkembangan internet sebagai sebagai media pembelajaran,menyebabkan guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa.Siswa lebih gampang memcari referensi sebagai pembanding/pendalaman dari apa yang mereka dikelas. Untuk itu guru bisa membangun personal branding dengan menjalin komunikasi dan interaksi antar komunitas pengajar di diseluruh nusantara guna memperbaiki kualitas di ri dalam penyajian ilmu dan penyampaiannya pada anak didik.
2.Komputer dan fasilitas internetnya dapat menambah khasanah keilmuan guru
3.Blog sebagai media atau tutorial pembelajaran.Guru dapat membuat resume atau tutorial pembelajaran sehingga siswa apat mengakses materi tersebut dengan mudah,tanpa dibatasi tempat dan waktu. Dalam hal ini pembelajaran e-learning dapat difungsikan,mengingat tugas guru yang tidak hanya sebatas dikelas,jika ada tugas dinas yang mengharuskan guru meninggalkan kelas,KBM tetap bisa dilaksanakan melalui tutorial yang tersedia.
4.Blog dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sarana untuk mengasah kemampuannya dalam membuat karya tulis,karya ilmiah,PTK,dari sini akan terjalin komunikasi untuk memperbaiki kualitas menulis kita.
5.Blog sebagai media publikasi hasil karya,kegiatan harian yang paling mudah,strategis,dan murah.Kegiatan sekolah dapat dengan mudah dipublikasi disini.
6.Guru yang dapat referensi pembelajaran seperti RPP,silabus, kurikulum implementasi dengan sedikit penguasaan tool/aplikasi seperti moodle,mampu menyajikan materi pembelajaran secara dinamis,baik berupa konten materi,evaluasi,quis,dan penilaian.

Mengingat begitu banyaknya manfaat blog bagi guru,kenapa kita tidak memanfaatkan media ini sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan kreatifitas guru dan siswa. Untuk rekan-rekan guru dimanapun kalian berada.......Go...Blog. Ambil posisimu sebagai "Guru Era Baru"





7 komentar:

  1. makasih om jay atas kunjungannya dimari

    BalasHapus
  2. salam kenal juga pak yusrizal, salam go blog, he...he.....

    BalasHapus
  3. Bagus bu salam kenal wawanberbagiok.blogspot.com

    BalasHapus
  4. salam kenal juga pa wawan,namanya ngingetin dosen saya tuh

    BalasHapus
  5. salam kenal juga pa wawan,namanya ngingetin dosen saya tuh

    BalasHapus
  6. salam kenal juga pa wawan,namanya ngingetin dosen saya tuh

    BalasHapus